5 Perbuatan Sederhana yang Bisa Membuat Hidupmu jadi Bermakna







Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membuat hidup lebih bermakna. Mudah saja, misalnya dengan melakukan hal-hal yang sederhana. Meskipun sepele tapi bisa berdampak besar bagi diri sendiri dan orang lain lho.
Selain membuat dirimu jadi lebih baik, kamu jadi punya kesempatan untuk membantu orang lain. Nah, berikut ini beberapa hal sederhana yang mudah sekali dilakukan agar hidupmu lebih bermakna.

1. Berhenti menganggap bahwa dirimu gagal dan tak berguna

Kalau kamu merasa sudah berusaha begitu maksimal tapi hasilnya belum memuaskan, bukan berarti kamu gagal atau jadi pecundang. Hanya saja, masa kamu belum tiba. Jadi berhentilah menganggap kamu gagal atau tidak berguna.
Tidak, jangan lagi biarkan dirimu jadi lemah karena dipenuhi pikiran negatif. Hidup ini ibarat pertandingan. Selama masih hidup, kamu harus terus berjuang sampai mencapai garis finish. Terus lakukan yang terbaik semampu yang kamu bisa.

2. Jangan lagi memendam amarah atau benci supaya hatimu lega

5 Perbuatan Sederhana yang Bisa Membuat Hidupmu jadi Bermaknaunsplash.com/Abigail Keenan
Memaafkan orang yang menyakiti kita memang sulit. Apalagi kalau mereka memberikan luka yang begitu dalam. Tapi meski sulit, kamu harus mencoba memaafkan mereka. Entah itu mantan pacar, kerabat dekat atau teman sendiri.
Memendam kebencian dan amarah itu melelahkan. Pikiranmu habis terkuras karena menahan sesak akan rasa sakit. Memaafkan bukan berarti kalah, kamu malah menang karena berhasil melawan ego sendiri.

3. Mengucap syukur senantiasa dimulai dari hal yang paling kecil

5 Perbuatan Sederhana yang Bisa Membuat Hidupmu jadi Bermaknaunsplash.com/Ben White
Ayo belajar bersyukur dari hal yang paling kecil, contohnya kesempatan masih bisa menghirup udara segar di pagi hari. Atau ketika kamu bisa makan tiga kali sehari, dan gaji stabil yang kamu dapatkan setiap bulan walaupun pekerjaanmu melelahkan. Saat belajar bersyukur untuk hal yang sederhana, kamu bisa memaknai hidup ini lebih baik lagi.

4. Belajar memberi meskipun kamu bukan orang kaya

5 Perbuatan Sederhana yang Bisa Membuat Hidupmu jadi Bermaknaunsplash.com/Allef Vinicius
Tak perlu jadi orang kaya untuk bisa memberi. Meskipun kamu masih anak sekolah, mahasiswa atau karyawan dengan gaji pas-pasan, kamu tetap bisa memberi kok. Lakukan saja dari hal yang gampang, misalnya donor darah atau memberikan baju layak pakai kepada saudara yang membutuhkan. Meskipun pemberianmu sederhana, tapi punya dampak besar bagi mereka yang membutuhkan.

5. Menghargai dan mencintai diri sendiri

5 Perbuatan Sederhana yang Bisa Membuat Hidupmu jadi Bermaknaunsplash.com/Kyle Sterk
Yang paling penting adalah, bagaimana kamu menerima citra dirimu sendiri. Kamu gak akan bisa melakukan hal di atas jika belum berdamai dengan hatimu. Kamu harus mencintai diri sendiri agar bisa menyalurkan cinta kepada orang lain. 
Kamu harus menghargai diri sendiri dulu agar bisa memberi kekuatan pada orang lain. Menerima diri sendiri apa adanya adalah langkah awal untuk membuat hatimu jadi merdeka.
Kamu gak perlu melakukan hal-hal besar untuk membuat dirimu bermakna, beberapa hal sederhana di atas bisa membuat hidupmu berarti walaupun sifatnya sederhana. Semangat, pasti bisa!

Komentar